10 Hewan Tercerdas

January 5, 2011 at 3:56 am Leave a comment

Countdown 10 hewan terpandai, cekidot….

10. tikus

Tikus merupakan salah satu hewan yang sangat cerdas, menjadi hewan favorite ilmuwan sebagai obyek penelitian di laboratorium. Mempunyai rentang umur 1-3 tahun sehingga menjadikannya kaya pengalaman. Tikus dikatakan kategori hewan yang cerdik karena tidak akan terjebak dalam perangkap sebanyak 2 kali. Apabila ada tikus yang masuk dalam perangkap maka ia akan mencicit sebagai pertanda kepada kawan-kawannya agar jangan mendekati daerah tersebut. Mereka memiliki indera penciuman dan pendengaran yang luar biasa. Sehingga dapat mengenal berbagai makanan beracun, enak, pahit dll. Tikus sangat cerdas dalam menemukan jalan pintas, celah dan melarikan diri atau kejaran manusia dengan gesitnya. Mereka juga perenang yang tangguh dapat bertahan di air dalam waktu yang sangat lama, bahkan bisa sampai berhari-hari. Mereka dapat menemukan jalan keluar dalam taman labirin yang rumit dalam waktu yang cepat. Tikus juga mahluk social yang mempunyai  sifat ekspresif seperti tertawa atau mencicit bahkan juga bisa stress.

9. Gurita

Setelah beberapa kali berhasil menebak tim yang keluar sebagai pemenang dalam beberapa pertandingan Piala Dunia 2010 dan namanya semakin melambung, gurita dianggap menjadi salah satu mahluk laut yang cerdas dalam kelompok invertebrate. Gurita mampu memecahkan berbagai masalah, mereka bermain dengan tempurung kelapa dan menjadikannya sebagai rumah. Berbagai percobaan telah dilakukan oleh para ilmuwan untuk mengetahui kecerdasan gurita, diantaranya adalah sebuah penelitian telah menemukan kecerdasan gurita dalam membuka kerang, mengumpulkannya dan mengaturnya dengan rapi.  Dapat membuka tutup  toples hanya dengan belajar mengamati saja, dapat mencari jalan keluar dalam labirin, ini menunjukkan gurita mempunyai ingatan jangka panjang dan jangka pendek  yang merupakan kombinasi antara rasa sentuhan, kecepatan dan kelincahan yang luar biasa serta rasa ingin tahu. Dengan delapan tentakelnya yang kuat dengan sistem sarafnya yang masing-masing terdapat di dalamnya dan hanya sedikit yang terdapat dalam otaknya, gurita mampu mengendalikan gerakan mereka dan reaksi dalam cara yang kompleks. Karena tubuhnya yang tidak bertulang mereka ahli melarikan diri dan bersembunyi dengan cara kamuflase. Gurita dapat menatap Anda dan focus dengan apa yang mereka lihat dari dalam aquariumnya karena mereka mempunyai pengelihatan yang sangat baik.

8. Merpati

Merpati tak pernah ingkar janji, itulah kalimat yang sering kita dengar. Merpati adalah burung yang cerdas, mereka dapat menemukan jalan pulang dan juga akan mampu mengatasi gangguan alam seperti hujan, arah angin, badai dan lain-lain. Selain cerdas merpati juga dikenal setia, seberapapun mereka terbang jauh bermil – mil jarak yang yang ditempuh, mereka akan kembali kepasa pasangannya. Pada zaman dahulu merpati dikenal sebagai “tukang pos” karena dapat diandalkan dalam mengirimkan surat. Awal mulanya, saat meletus perang dunia kedua, burung merpati turut mengambil bagian dalam membantu jalanya komunikasi di kancah peperangan tersebut. Tugasnya cukup penting, yaitu membawa dari garis belakang ke medan perang. Dari peristiwa inilah burung merpati dilatih untuk mengantarkan surat dan bertindak sebagai tukang pos, selanjutnya di sebut sebagai merpati pos. Populasi merpati berlimpah di kota – kota besar Amerika Utara, tetapi kebanyakan orang menganggap mereka sebagai hama belaka. Merpati telah menjadi subjek percobaan ilmiah yang tak terhitung jumlahnya, ada banyak pengetahuan tentang kemampuan intelektual mereka. Sebagai contoh, merpati dapat mengenali ratusan gambar bahkan setelah beberapa tahun telah berlalu. Mereka juga dapat mengidentifikasi diri mereka di cermin, diajarkan untuk melakukan urutan gerakan dan perbedaan halus membedakan antara dua benda – cukup mengesankan untuk hama belaka.

7. Anjing

Anjing adalah salah satu hewan yang cerdas. Mereka gampang dilatih dan memahami perintah dasar seperti duduk, berbaring, bersalaman, menangkap bola dan lain sebagainya. Mereka juga memahami  ekspresi dan nada suara manusia. Anjing dapat dilatih untuk tugas – tugas yang sulit, bahkan untuk pergi ke toilet anjing bisa melakukannya. Anjing sangat handal dalam hal melacak, ini disebabkan karena anjing memiliki hampir 220 juta sel penciuman yang sensitif terhap bau. Mereka menjadi sahabat setia petani dalam menjaga tanaman dari gangguan hewan – hewan yang lain, mereka juga dapat dilatih untuk menggembalakan ternak, penuntun bagi tuna netra. Banyak orang yang berminat memelihara anjing karena sangat setia kepada tuannya dan bisa diandalkan menjaga rumah dan akan mengeluarkan warning (dengan gonggongan) bila melihat gelagat yang mencurigakan, ini karena anjing memiliki naluri untuk patuh. Rata – rata harapan hidup anjing sekitar 7-8 tahun bergantung pada jenis ras serta ukuran tubuhnya. Anjing kampung kira – kira diatas 10 tahun, bahkan ras Terrier ukuran kecil bisa bertahan sampai 20 tahun.

6. Gagak

Gagak adalah mahluk social, hidup dalam berkelompok yang membentuk satu keluarga besar. Bukan berarti perkelahian diantara mereka dapat dihindarkan, perkelahian mereka dalam sebuah keluarga biasanya tidak lama dan hanya terjadi dengan beberapa patukan saja, mereka hanya akan bertempur sampai mati dengan musuh yang membahayakan keluarga mereka. Burung ini menggunakan logika untuk memecahkan masalah dan beberapa kemampuan mereka bahkan melampaui dari kera besar, menurut penelitian dari Universitas Kanada dan Universitas Skotlandia. Dalam salah satu percobaan gagak berhasil mengambil makanan dalam tabung dengan menggunakan kawat  yang cara kerjanya seperti seperti kail. Hasil percobaan menarik makanan menunjukkan bahwa gagak mengandalkan logikanya untuk membimbing tindakan mereka. Bahkan dalam Al Qur’an surat Al Maidah ayat 30-31, Allah SWT memerintahkan gagak untuk menggali-gali bumi untuk memperlihatkan kepada manusia (Qabil) bagaimana cara mengubur mayat saudaranya (Habil). Kejadian ini menjadi bukti bahwa gagak adalah burung yang berperilaku cerdas.

5.  Tupai

Tupai adalah salah satu hewan yang paling lucu yang mau belajar dan layak untuk dilindungi dan dilepas  ke alam bebas. Mereka penyayang, lucu dan cerdas, mereka suka bersenang – senang dan kadang menggoda binatang lain seperti anjing untuk bermain bersama mereka. Keahlian mereka adalah melompat, tupai dapat melompat 10 kali lebih panjang dari ukuran tubuh mereka. Mereka dapat memutar pergelangan kaki mereka 180 derajat. Mereka cepat belajar hanya dengan melihat tupai yang lain. Dalam ketajaman dari sistem visual mereka, kepekaan dan ketrampilan mereka dapat memanipulasi objek, keramahan mereka dan kemampuan untuk menipu, tupai ternyata mengejutkan mirip dengan primata. Sebagai binatang pengerat seperti tikus, tupai juga menggunakan kumis sebagai sistim menavigasi dunia mereka, mata mereka juga menakjubkan, mereka dapat melihat kesamping, keatas tanpa harus menggerakkan kepala. Tupai sering terlihat mengubur biji atau makanan untuk disimpan sampai musim dingin, ini menunjukkan tupai hewan yang cerdas dan mampu untuk dapat memecahkan masalah.

4. Gajah

Sudah tidak diragukan lagi bahwa gajah adalah hewan yang pintar. Mereka cepat belajar, dapat mengikuti perintah manusia di penangkaran. Ukurannya yang besar seperti raksasa menjadikan mereka lamban dan kurang gesit, tetapi otaknya menyimpan memori dengan sangat baik. Berlawanan dengan persepsi populer, gajah lebih dari sekedar lamban raksasa dengan telinga besar dan memori yang baik. Bahkan, gajah cukup elegan, berbudaya dan ingin tahu. Gajah juga sangat perhatian dan empati kepada anggota lain dari kelompok mereka dan spesies lain, mereka akan berduka jika salah satu temannya mati. Sebuah prestasi puncak, beberapa peneliti mengatakan, ketika gajah betina dari Asia betina bernama Happy diakui dirinya di cermin. Gajah berkomunikasi melalui jarak jauh dengan memproduksi dan menerima suara frekuensi rendah (infrasonik) dan ini dapat menjelaskan bagaimana gajah bisa menemukan calon pasangan jauh, dan bagaimana kelompok sosial mampu mengkoordinasikan gerakan mereka. Gajah mahir menggunakan alat hanya sekedar untuk bermain-main atau memuaskan rasa ingin tahunya, seperti melukis dengan kuas di atas kanvas.

3. Orangutan

Kera besar yang dianggap sebagai makhluk paling cerdas setelah manusia. Mereka sering disebut sebagai kerabat dekat manusia. Mereka memiliki budaya yang kuat dan sistem komunikasi, mereka adalah hewan yang ramah, berkumpul bersama bahkan berbagi makanan. Mereka menggunakan tongkat untuk mengambil makanannya dan menggunakannya sebagai pelindung sinar matahari. Baru – baru ini seekor orangutan yang berusia 15 tahun yang tinggal di kebun binatang di Perth keluar dari kandangnya atau lebih tepatnya melarikan diri. Bahkan penjaga kebun binatang melakukan uji kecerdasan terhadap hewan ini dengan menggunakan layar sentuh, hasilnya mereka akan memilih pisang dan brokoli sebagai makanan favorit mereka.

2. Lumba-lumba

Kapasitas otak lumba-lumba hamppir menyamai otak manusia, itulah sebabnya mengapa mereka termasuk binatang yang cerdas. Lumba-lumba adalah hewan yang sangat sosial. Mereka sangat baik dalam meniru suara dan berkomunikasi  satu dengan yang lain dengan “bahasa” yang canggih. Lumba-lumba mengeluarkan gelombang ultrasonar yang berfrekuensi tinggi.  Itulah mengapa lumba-lumba bisa dimanfaatkan untuk pengobatan karena gelombang sonar lumba-lumba bermanfaat untuk terapi anak autis, down syndrome, gangguan konsentrasi ataupun gangguan fungsi saraf motorik pascastroke. Lumba-lumba mengeluarkan gelombang ultrasonar yang berfrekuensi tinggi. Kita dapat melihat mereka surfing, balapan, melompat, berputar, bersiul dan menikmati diri mereka sendiri. Mereka gampang dilatih karena mereka tergolong hewan yang ramah, dan melakukan perintah manusia dengan gesit. Mereka juga hewan favorit dalam arena sirkus. Lumba-lumba menggunakan alat dalam lingkungan alam mereka sama dengan yang dilakukan orangutan, lumba-lumba di Australia menggunakan spons untuk melindungi moncong ketika mencari makan di dasar laut.

1. Simpanse

Hewan paling cerdas adalah kera besar, simpanse. Kemampuan intelektual hewan ini mengesankan dan telah lama manusia terpesona olehnya. Mereka dapat membuat dan menggunakan alat-alat, berburu secara kolektif, contohnya mereka membuat tombak untuk berburu kelinci, memetik buah dengan galah, memecah kacang dengan batu. Mereka hidup berkelompok, bersosialisasi bahkan berorganisasi.  Mereka dapat diajarkan menggunakan computer dalam memecahkan masalah numeric. Baru-baru ini, simpanse terlihat mengajar bahasa isyarat untuk bayi mereka tanpa campur tangan manusia. Mereka sering menggunakan manipulasi mental di dalam keluarga mereka. Proyek Genom selesai pada tahun 2005. Hal ini menunjukkan bahwa simpanse saham 98% genetik DNA yang sama seperti manusia. Itulah mengapa Hollywood sangat sering menjadikannya bintang pada film-film mereka.

Entry filed under: Artikel. Tags: .

Harga Cabai Meroket belajar menulis di blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Calendar

January 2011
M T W T F S S
« Nov   Feb »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

%d bloggers like this: