Boleh kok menyusui sampai lebih dari 2 tahun

August 12, 2010 at 3:27 pm Leave a comment

Halo Bunda ada kabar berita baik untuk kita yang masih mau menyusui sang buah hati lebih dari 2 tahun… Bismillah..semoga bermanfaat… Tulisan ini bukan sebagi patokan, tapi untuk bahan sharing dan pengetahuan khususnya untuk saya. Mohon maaf apabila ada yang kurang berkenan. Trimakasih untuk sharenya, saya cuma copy paste dari Umi Summayah.

1. Jangan khawatir ibu2 kalau masih menyusui walaupun anaknya dah 2 tahun lebih. menurut WHO setiap ibu dianjurkan untuk menyusui anaknya secara exclusive 6 bulan, dan dilanjutkan sampai 1 tahun, 2 tahun, atau sampai kapanpun ibu dan anak menginginkannya.

Memang betul saat anak > 1th, ASI bukan lagi kebutuhan utama baginya. Namun bukan berarti tidak ada nilai gizinya. Berdasarkan penelitian dilakukan pakar2 laktasi di WHO menyatakan bahwa ASI > 1 th tetap kaya akan nutrisi yang tidak ternilai harganya.

2. Breastfeeding your toddler can provide: 31% of his daily energy needs, 38% of protein requirements, 45% of Vitamin A requirements, and 95% of Vitamin C needs.

3. Bahkan menurut penelitian Goldman et. Al, kandungan zat imun dalam ASI makin tinggi seiring dengan bertambahnya usia bayi

4. Menyusui utk anak > 1 th atau > 2th tetap memberikan manfaat tidak hanya utk anak, tetapi juga utk ibu.

Juga tidak benar bahwa secara psikologis, menyusui > 2th akan membuat anak jadi tidak mandiri, apalagi beresiko membuatnya mengalami penyimpangan seksual. Tidak pernah ada penelitian yg berhasil membuktikan statement di atas. Bahkan American Academy of Pediatrics(AA P), semacam IDAI nya Amerika, merekomendasikan : “Susuilah anak di
tahun pertamanya dan susuilah terus selama ibu dan anak saling menginginkan. Makin lama ibu menyusui anaknya, makin memberikan keuntungan bagi ibu dan anak dari segi kesehatannya dan perkembangannya. Tidak ada batasan pasti kapan anak harus berhenti menyusu dari ibunya. Dan TIDAK ADA BUKTI bahwa menyusui anak-anak > 2 th akan membuatnya terganggu secara psikologis ataupun.” (AAP 2005).

5. Sementara itu penelitian yg dilakukan Sally Kneidel in “Nursing Beyond One Year” (New Beginnings, Vol. 6 No. 4, July-August 1990, pp. 99-103) menyimpulkan bahwa anak-anak yang menyapih dirinya sendiri memiliki rasa sosial dan kemandirian yang jauh lebih baik dari mereka yang disapih secara paksa. Ferguson et al 1987 juga melakukan
penelitian pada anak usia 6-8 th. Bahwa ternyata anak2 tsb disusui oleh ibunya hingga usia > 2th dan mereka memiliki social adjustment (adaptasi sosial) yang sangat baik.

Banyak ahli laktasi menyarankan agar menyusui anak > 1th membantunya menemukan rasa percaya dirinya dsbnya. Jadi menyusui di usia ini justru memenuhi kebutuhan psikologisnya. Tentu saja saja komunikasi selama masa menyusui ini adalah kunci dari ikatan kuat antara ibu-anak.

Yg dapat dilakukan oleh para ahli medis & ahli laktasi adalah memberikan saran bagaimana cara menyapih yg terbaik. Bahwa menyapih dg memberikan jamu pahit ke putting payudara ibu, atau melarang anak utk menyusu lagi secara drastis, dan berbagai cara menyapih yang sering disampaikan hanya akan menodai bonding yg begitu indah terjalin selama
masa menyusui. cara menyapih yang paling tepat adalah dg strategi I “do & don’t”. Jangan menolak jika anak ingin menyusu, tapi jangan tawarkan jika ia tidak ingin menyusu. Dan hal yg paling penting tapi sering terlupakan dalam masa menyapih adalah KOMUNIKASI. Ajaklah anak utk diskusi tentang rencana menyapih dsbnya. Berapapun kecil usia si anak.

adapun menurut syariat, bismillah…

Ibnu Katsir -rahimahullah- ketika menafsirkan surat Al Baqarah 233 yang artinya: “Para ibu hendaknya menyusukan anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuannya.” berkata:
“Ini adalah bimbingan Allah Ta’ala bagi para ibu supaya mereka menyususi anak2nya dengan sempurna, yaitu dua tahun penuh. Dan setelah itu tidak ada penyusuan lagi. Oleh karena itu Allah Ta’ala berfirman, artinya: “yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan.”

Kebanyakan para imam berpendapat bahwa tidak diharamkan penyusuan yang kurang dari dua tahun. Apabila ada bayi yang berusia lebih dari dua tahun masih menyusui, maka yang demikian itu tidak diharamkan.”

saya katakan: yang dimaksud dengan “setelah itu tidak ada penyusuan lagi.” adalah berkaitan dengan hukum tentang mahram karena penyusuan, yaitu bahwa setelah anak mencapai usia dua tahun, maka bila ada anak lain yang menyusu pada ibunya, maka tidak berlaku hukum mahram.

Ibnu Katsir mengatakan: “Hal itu diperkuat dengan apa yang diriwayatkan dari ad Daruquthni dari Ibnu Abbas, Rasulullah
-shallallahu ‘alayhi wa sallam- bersabda, artinya: “Tidak menjadikan mahram karena penyusuan kecuali yang dilakukan kurang dari dua tahun.”

Kemudian ad Daruquthni mengatakan: “Hadits tersebut tidak disandarkan pada Ibnu Uyainah kecuali oleh al Haitsam bin Jamil, dan ia adalah seorang yang dapat dipercaya dan seorang hafidz.”

Diriwayatkan pula oleh ad Darawardi dari Tsaur, dari Ikrimah, dari Ibnu Abbas, dan ia menambahkan, artinya: “Dan penyusuan setelah dua tahun itu tidak mempunyai pengaruh apa pun.”

Wallahua’lam bis showab,
ana yang dhoif, umi sumayyah

Referensi:
-Tafsir Ibnu Katsir
-Tulisan Luluk Lely Soraya Ichwan, Pemerhati masalah ASI & kesehatan keluarga

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

Bakat dan Minat Anak Bronkitis pada anakku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Calendar

August 2010
M T W T F S S
« May   Nov »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

%d bloggers like this: